RSS

KONTRIBUSI MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN TERHADAP UKM SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI PROBLEMATIKA EKONOMI INDONESIA

06 Jul

Indonesia, sebuah negara yang kaya akan kekayaan alam, bahkan nomor 1 di dunia. Namun Indonesia masih menjadi negara yang memiliki penduduk miskin yang banyak. Data statistik resmi BPS menyebutkan  jumlah penduduk miskin (penduduk yang berada dibawah Garis Kemiskinan) di Indonesia pada bulan Maret 2006 sebesar 39,05 juta (17,75 persen). Dibandingkan dengan penduduk miskin pada Februari 2005 yang berjumlah 35,10 juta (15,97 persen), berarti jumlah penduduk miskin meningkat sebesar 3,95 juta (sumber berita resmi statistik No. 47 / IX / 1 September 2006).

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, dana yang digelontorkan untuk program penanggulangan kemiskinan yang mencapai triliunan rupiah. Program ini diboncengi agenda dan isu politik, sehingga hasilnya tidak mengurangi angka kemiskinan secara signifikan. Tidak maksimalnya hasil dari program kemiskinan yang dilakukan, salah satunya disebabkan adanya penyimpangan di lapangan. Misalnya, proporsi dana yang diberikan kepada fasilitator lebih besar dibandingkan dengan masyarakat miskin penerima dana bantuan. Kedua, Indonesia masih condong pada paham liberalisme, indonesia masih bersifat pragmatis, hanya memikirkan sistem ekonomi jangka pendek, sehingga hal ini menyebabkan Indonesia rentan dengan berbagai problem ekonomi. Benar harga relatif rendah, barang tersedia dalam jumlah cukup, namun itu semua barang impor bermanfaat dalam jangka pendek.  Ketiga, korupsi oleh pemerintah, pihak-pihak tertentu, dll. Sebagai contoh, berdasarkan hasil riset ICW (Indonesian Corruption Watch) tahun 2009 di delapan daerah di Indonesia ditemukan fakta, sekitar 20 persen dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dikorupsi oleh pihak sekolah. Potensi korupsi di BOS terjadi karena skema penyaluran dana pemerintah tidak direncanakan dengan matang. Keempat, sebab-sebab yang lain.

Mahasiswa adalah generasi muda penerus bangsa yang paling lama menempuh pendidikan akademik. Banyaknya pengalaman sosial yang didapatkan membuat masyarakat menyebutnya sebagai kaum intelektual. Mahasiswa punya tanggung jawab untuk berkontribusi kepada masyarakat, dimana mahasiswa harus memiliki kepekaan untuk berkontribusi terhadap permasalahan yang terjadi di luar dirinya maupun kegiatan kampus. Sedari awal memasuki gerbang perguruan tinggi mahasiswa sudah dicekcoki untuk memahami, menghayati, serta harapannya mampu mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) tersebut. Strata Mahasiswa merupakan strata yang khas dan tidak dimiliki golongan lain yaitu penghubung rakyat kecil dengan para penguasa. Kontribusi mahasiswa tidaklah perlu terlalu besar, dapat juga dengan sekedar hal sederhana namun dengan kontinuitas yang besar karna dari kontinuitas ini akan membawa pada hal besar.

UKM (Usaha Kecil Menengah) merupakan salah satu penopang perekonomian bangsa ini. Kontribusi UKM dalam PDB adalah Rp 1.786 triliun atau 53,49%. Saat krisis finansial yang melanda sebagaian besar belahan negara dunia tahun 2008 lalu, Indonesia tidak mengalami goncangan separah negara-negara maju dan industri di Eropa dan Amerika. Salah satu sebabnya adalah pondasi ekonomi yang banyak dibangun oleh sektior riil yang dalam hal ini yang dijalankan oleh para penggiat UKM.

Melihat strategisnya keberadaan UKM tersebut dan potensialnya dalam perbaikan ekonomi masyarakat maka pengembangan dan pembinaan terhadap UKM-UKM ini senantiasa perlu dilakukan. Kebanyakan UKM saat ini berkembang secara ototidak. Kemajuan yang dicapai oleh usahanya pun kebanyakan lebih dikarenakan faktor pengalaman. Namun, dari sekian banyak UKM yang maju tidak sedikit pula yang mengalami kegagalan. Bahkan, layu sebelum berkembang. Dengan demikian pembinaan dan pengembangan terhadap UKM-UKM perlu dilakukan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan UKM ini. Pemerintah bisa langsung mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan kemapanan UKM-UKM yang ada. Bisa juga melalui korporasi-korporasi besar mengembangkan UKM melalui CSR-CSR mereka.

Peran dan kontribusi yang bisa dilakukan mahasiswa untuk ambil bagian dalam pengembangan UKM yang secara tidak langsung ikut berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan ekonomi bangsa. Persoalan UKM yang ada di Indonesia berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah hal yang relevan kiranya jika mahasiswa berkontribusi dalam pengembangan UKM-UKM yang ada di sekitar mereka melalui pengabdian mereka kepada masyarakat.

Jika kita melihat persoalan dari kebanyakan UKM adalah dalam hal aplikasi teknologi, manajerial usaha, dan pemerolehan finansial. Ketiga hal tersebut bisa diminimalisir melalui pemberdayaan yang dilakukan oleh mahasiswa kepada pengelola UKM. Teknologi tepat guna dan aplikatif bisa diterapkan untuk menunjang bidang usaha yang berkaitan sehingga efisiensi dan efektifitas terjadi pada UKM tersebut. Dalam hal manajerial organisasi adalah hal yang amat mungkin dilakukan mahasiswa dalam meng-upgrade masyarakatnya. Hampir semua bidang studi mempelajari mata kuliah ini. Apalagi jika hal itu didorong oleh pengalaman mahasiswa yang banyak terjun dalam dunia organisasi berbekal praktek dan teori bisa diberikan kepada masyarakat. Untuk finansial, melalui link yang mereka miliki, mahasiswa bisa menjadi jembatan penghubung antara UKM dengan penyandang dana. Terlepas dari besarnya potensial mahasiswa untuk bisa mengembangkan UKM secara kualitas.

Itulah salah satu contoh bentuk kontribusi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam mengawali dan menciptakan perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam problematika ekonomi. Untuk kelanjutannya diharapkan mahasiswa akan lebih kritis dalam menciptakan perubahan-perubahan lainnya demi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa dan negara, terutama dalam hal ekonomi untuk membantu pemerintah menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on July 6, 2010 in mAhAsIsWa

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: