RSS

Malas Ganti Bantal Bisa Bahaya!

17 Mar

Ada beberapa hal umum yang biasa kita lakukan ternyata tak baik untuk kesehatan. Beberapa hal berikut ini adalah di antaranya:

Tidak pernah mengganti bantal

Di pagi hari, pernah mendapati mata Anda berkantung, kepala serasa penuh sesak? Hm, mungkin Anda perlu melihat bantal Anda. Binatang-binatang kecil atau debu yang mengendap di bantal tersebut bisa menjadi masalah untuk kesehatan Anda. Jika tak pernah dicuci selama bertahun-tahun, bantal yang sering dipakai dan tak pernah dicuci bisa menyimpan kutu-kutu kecil, lengkap dengan kotoran mereka, dan setiap malam Anda pun menghirup itu semua. Begitu papar Steven M. Houser, MD, direktur bagian alergi dan sistem pernapasan di MetroHealth, Ohio. Alergen-alergen ini akan terakumulasi dan memicu alergi serta asma pada orang yang punya sensitif dengan hal tersebut. Disarankan untuk menggunakan alas yang bebas debu pada bantal dan matras.

Tak ingat kapan terakhir kali mengganti sikat gigi

Tak pernah mengganti sikat gigi sama dengan menabung bakteri pada mulut. Bakteri, jamur, dan virus siap menempel pada sikat gigi Anda lalu berpindah ke rongga mulut Anda. “Bakteri yang berkaitan dengan penyakit mulut dan kesehatan jantung bisa beranak pinak,” jelas Hemali Ajmera, DDS, dokter gigi kosmetik asal New York. Apalagi jika Anda menaruh sikat gigi tersebut bersama dengan sikat gigi anggota keluarga lainnya. Disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Namun, untuk anak-anak yang sering menggigit sikat giginya serta mereka yang mengenakan kawat gigi, disarankan untuk mengganti lebih sering.

Bayar utang tidur di akhir pekan

Di hari kerja, kebanyakan kita bangun pagi-pagi sekali, dengan badan agak mengantuk lalu menyemangati diri bahwa Anda bisa “balas dendam” tidur di akhir pekan. Sayangnya, hal ini justru tidak baik bagi tubuh. Menurut Jack D. Gardner, MD, direktur Medical Sleep Solutions Center di Dallas, tidur tidak seperti celengan, yang bisa Anda masukkan, lalu keluarkan sesuka hati. Tidur lebih lama di akhir pekan bisa mengubah sistem hormon tubuh yang mengatur ritme sirkadia Anda, yakni melatonin dan kortisol. Anda justru akan merasa lelah dan sulit tidur di malam harinya jika Anda bangun siang sekali di hari libur.

Sebaiknya, Anda tetap konsisten dengan pola tidur sehari-hari. Nyalakan lampu, buka tirai, paparkan diri pada sinar matahari untuk memberi sinyal pada diri bahwa sudah saatnya bangun.

Meregangkan punggung begitu bangun tidur (bahkan saat masih di tempat tidur)

Meregangkan punggung begitu bangun tidur memang bisa mengurangi sakit pada bagian punggung, namun ternyata bisa berbahaya bagi tulang punggung. “Saat tidur di malam hari, disk pada tulang punggung menyimpan air. Ketika Anda bangun tidur lalu langsung meregangkan tulang punggung, maka Anda menambah tekanan pada disk tersebut,” jelas Ted Dreisinger, PhD, FACSM, pimpinan Therapy Advisors, San Diego, AS.

Disarankan, sebelum meregangkan punggung di pagi hari, ambil waktu 10 menit untuk melakukan rutinitas, seperti minum kopi, mencuci wajah, dan menyikat gigi. Setelah itu, lakukan peregangan simpel, seperti menaruh kedua telapak tangan di pipi bokong, seperti menempelkan telapak ke kantung belakang celana, lalu regangkan badan ke belakang sambil bertumpu pada kedua telapak itu (seperti kayang), tahan 3 detik, ulangi 3-4 kali.

Tahan pipis

Saking sibuknya hari-hari Anda, keinginan untuk buang air kecil pun seringkali ditahan-tahan. Masalahnya, ketika Anda menahan buang air kecil, hal itu bisa merusak kantung kemih, jelas Tristi Muir, MD, dari University of Texas Medical Branch. Saat ini terjadi, kantung kemih Anda pun akan mengalami kesulitan untuk berkontraksi dengan baik, sehingga sulit untuk mengosongkan isinya. Hal ini bisa berakibat pada infeksi kantung kemih, atau kesulitan mengatur kantung kemih.

Amat disarankan untuk langsung membuang air seni begitu terasa keinginan untuk membuang air seni. Jika sering membuang air kecil adalah masalah, bicarakan dengan dokter Anda, atau kurangi asupan minum yang bersifat diuretik, seperti kafein, alkohol, makanan pedas, minuman berkarbonasi, cokelat, dan teh.

Menyampir tas laptop di satu sisi pundak yang sama

Perhatikan kebiasaan Anda dalam membawa tas. Apakah Anda menggunakan sisi yang sama terus menerus? Jika ya, coba gunakan sisi yang berlainan untuk mencegah masalah di kemudian hari. Menggendong barang berat di satu sisi yang sama berhari-hari bisa menyebabkan masalah pada otot dan sakit di bagian leher, pundak, dan lengan. Menenteng tas tangan juga bisa memicu sakit pada lengan akibat gerakan mencengkeram serta memutar tangan. Karena itu, cobalah untuk mengganti pundak sebagai tumuan tas dalam kegiatan sehari-hari.

Hak tinggi setiap hari? Waspadalah!

Memakai hak tinggi mungkin terlihat menarik, tetapi jika dikenakan terus menerus, otot tendon Achilles Anda bisa memendek, dan jika kondisi ini sudah terjadi, saat Anda melepas sepatu hak tinggi, maka Anda akan menarik tulang tumit dan menempatkan Anda pada kondisi yang sangat menyakitkan. Kondisi menyakitkan ini pada akhirnya akan menyebabkan peradangan pada jaringan yang menjalar ke telapak kaki, menambah masalah pada bagian berlemak telapak kaki, yang sebenarnya akan berkurang seiring bertambah usia, sehingga ketika Anda mencoba menggunakan hak tinggi, situasi justru akan makin parah.

Sebelum itu terjadi, sering-seringlah ganti sepatu hak tinggi Anda dengan sepatu datar, kalau bisa, berjalan tanpa alas sesekali di atas rumput (yang bebas dari benda tajam) juga bisa membantu kesehatan telapak kaki Anda.

sumber : Kompas

 
Leave a comment

Posted by on March 17, 2011 in InFo

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: