RSS

Dari Mana Sumber Konsumsi Gula Terbanyak?

23 Sep

Konsumsi gula yang berlebih dialami hampir semua orang. Padahal konsumsi gula berlebih bisa menimbulkan efek penyakit yang mengerikan seperti diabetes. Dari mana sumber gula terbanyak yang dikonsumsi orang?

Kelebihan gula di tubuh akan meningkatkan keluarnya kalsium melalui urine, menyebabkan karies gigi dan beberapa penyakit berat seperti diabetes dan komplikasinya seperti jantung.

Kadar gula yang tinggi dalam tubuh akan merangsang dikeluarkannya hormon insulin. Sering mengonsumsi gula membuat orang menjadi sering kencing dan akibatnya mineral yang masuk ke tubuh bisa ikut terbuang saat buang air kecil.

Berdarasarkan penelitian tahun 2009 yang diterbitkan Circulation seperti dikutip dari MensHealth.com, Kamis (18/11/2010), maksimal konsumsi gula yang aman tidak melebihi 150 kalori per hari.

Journal of American Medical Association menemukan konsumsi gula yang tinggi akan menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan trigliserida (lemak di darah). Padahal jumlah kadar trigliserida harus di bawah 200 mg/dl.

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang mengonsumsi gula sebanyak 100 gram, maka bisa menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri atau virus jahat dalam tubuh sebesar 40 persen. Sistem kekebalan tubuh akan mulai berkurang 30 menit setelah makanan dikonsumsi dan akan terus berkurang hingga selama 5 jam.

Saat sel darah putih terpapar gula dengan tingkat yang tinggi dalam aliran darah, maka kemampuan sel tersebut untuk menghancurkan bakteri menurun serta melemahkan sistem pertahanan terhadap semua infeksi.

Agar tubuh tak kelebihan asupan gula sebaiknya ketahui dari mana sumber gula terbanyak yang dikonsumsi orang sehai-hari:

1. Minuman soft drink dan minuman manis lainnya, memberikan kontribusi gula ke tubuh 45,7%
2. Gula dan permen, kontribusinya 13,6%
3. Kue, cookies, pie, kontribusinya 11,6%
4. Minuman sari buah, kontribusinya 8%
5. Makanan pencuci mulut dari bahan susu dan produk susu, kontribusinya 7,4%
6. Biji-bijian dan sereal, kontribusinya 8,5%
7. Sumber lain, kontribusinya 5,2%

Konsumsilah gula secara normal sehingga sistem kekebalan tubuh bisa bekerja dengan maksimal untuk melindungi tubuh.

sumber: http://www.fk.unair.ac.id

 
Leave a comment

Posted by on September 23, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: